Selamat jalan Neil Armstrong

 

Selamat jalan Neil Armstrong

Neil Armstrong meninggal dunia. Neil Armstrong adalah Astronot pertama yang berhasil mendarat di Bulan pada 20 Juli tahun 1969 dengan pesawat Apollo 11 dan sebagai komandan misi NASA untuk mendarat di Bulan. Orang Amerika Serikat pertama yang berhasil mendarat di Bulan, dengan teknologi buatan dan mesin. Neil Armstrong dilahirkan di kota Wapakoneta, Ohio pada 5 Agustus tahun 1930 dan meninggal dunia karena komplikasi setelah operasi bypass pembuluh darah ke jantung beberapa hari yang lalu. 

Neil Armstrong meninggal dunia pada usia 82 tahun pada 25 Agustus 2012. Orang ini menjadi idola banyak anak-anak maupun dunia, saya juga pernah mengaguminya, namun hingga saat ini tidak percaya kalau Neil Armstrong adalah orang pertama yang bisa menginjakkan kaki di Bulan. Dan semakin banyak eksplorasi dan eksperimentasi sains, hanyalah membuka harapan dan mata bagi sesuatu yang mungkin hanya bisa dibayangkan saja, selain sebagai projek mercusuar. Namun bagaimanapun yang tercatat dalam sejarah yang diakui secara resmi di dunia sains saat ini hanya orang ini yang pertama kali bisa mencapai bulan, meski dengan banyak kontroversi dan jutaan kritik. Keberaniannya untuk menjelajah angkasa dan bulan adalah prestasi yang luar biasa, didukung dengan teknologi yang cukup sederhana dan tidak menjamin bahwa dia akan pulang ke bumi dalam keadaan hidup.

Neil Armstrong belajar teknik aerospace di Universitas Purdue setelah menjadi marinir di bagian testing dan pilot tempur pada tahun 1958 untuk program 'Man in Space Soonest' Angkatan Udara Amerika - U.S Air Force.

Kata-kata yang diucapkannya saat mendarat di bulan menjadi fitur pada bacaan-bacaan sains di abad 20 :

“That’s one small step for man, one giant leap for mankind” 

Setelah menjadi manusia yang pernah mendarat di bulan. Neil Armstrong melanjutkan bekerja di NASA sebagai seorang manajer di Washington, DC. Setelah itu dia mengajar di Universitas Cincinnati dan menjadi board bagi beberapa korporasi. Neil Armstrong juga menjadi investigator pada saat terjadinya kecelakaan pada misi Apollo 13, juga kecelakaan yang menimpa pesawat ulang-alik Challenger beberapa tahun kemudian. Armstrong bekerja pada misi-misi istimewa dan menyelesaikan pekerjaannya dengan tuntas dengan menyelaraskan kehidupan pribadinya yang damai.

Neil Armstrong dalam biografinya tidak ingin menjadi ikon bagi sesuatu yang besar, dia hanya mengatakan bahwa hanya ingat tentang sejarah besar pada sebuah saat di musim panas pada tahun 1969. Di setiap kesempatan dia berada di depan publik, biasanya pada saat peringatan misi bersejarahnya. Neil Armstrong selalu mendorong publik untuk meneruskan dan terus berusaha mengeksplorasi ruang angkasa. Pada saat peringatan ke 25 misi Apollo 11 dia memberikan pernyataan:

"There are great ideas undiscovered, breakthroughs available to those who can remove one of truth's protective layers. There are places to go beyond belief."

Berita menggemparkan tentang kematian Neil Armstrong berasal dari Tweet NBC.

Neil Armstrong meninggal dunia dengan menyisakan duka pada istrinya Carol, dua anak laki-laki dan dunia ilmu pengetahuan. Neil Armstrong adalah orang yang sangat tertutup.

Selamat jalan Neil Armstrong.

Atas