Preman Terminal

Preman terminal
 

Preman Terminal

Celaka memang, menjadi preman terminal ternyata adalah profesi yang perlu di jaga dan selalu saja berguna. Menjadi preman terminal ketika di OS Windows selain di MS Dos Prompt juga bisa dengan menginstall Putty, ketika untuk keperluan yang berhubungan dengan perintah-perintah dan mantera-mantera Linux OS bagi yang suka dan kepepet berhubungan dengan sebuah komputer layar gelap dan isinya hanya teks.

Sudah barang tentu menjadi Preman Terminal paling jagoan adalah yang menggunakan OS Linux dimana perintah-perintah, sajen dan manteranya akan terasa sangat nikmat dan enteng. Sesaat mencoba untuk mempensiunkan diri dari kesibukan menjadi Preman terminal namun ternyata dalam kebutuhan bersosial dan kebutuhan fungsional harus lagi menggunakan kemampuan akademis terminal terutama ketika berhubungan dengan para peternak virus yang menggunakan OS Microsoft Windows bajakan plus anti virus yang tak ampuh lagi.

Komputer yang layaknya adalah rumah dan kantor untuk bekerja namun pada akhirnya menjadi peternakan virus apalagi ketika selalu terkoneksi dengan internet dan sering dikunjungi file-file baru yang tersimpan dalam USB Flashdisk yang berkeliling layaknya 'Gali sing kurang Gaweyan'. Virus pasti akan menyentuh para pengguna Linux OS maupun Mac OSX. Dan terbukti, kemampuan mantera preman terminal akan sangat berguna untuk menghilangkan dan menaklukan tekyan-tekyan yang bersembunyi di komputer tidak tahan virus.

Namun tentunya ketika menggunakan MacOSX perintahnya agak berbeda sedikit dengan Terminal lainnya meski berbasis perintah-perintah ala preman terminal Free BSD. Seperti cara untuk membuka atau mengintip file USB Flashdisk di OS X versi 10.9.1 yang jadinya begini:

/Volumes/NamaUSBFlashdisk

Baru kemudian dengan mantera-mantera yang sama dengan seperti biasanya di Linux seperti ls, grep dan sebagainya. Nah cilakanya lagi sebagai orang yang sepertinya buta adalah ketika virus yang kelakuannya menyembunyikan file dan folder yang sangat penting bagi kita, bagaimana cara melihatnya dan bagaimana memunculkannya kembali, berbagai mantera salah dan ngawur terntunya meluncur seperti sumpah serapah bagaikan preman terminal yang sedang ngamuk. Dan ternyata memang perintahnya hanya seperti ini, khusus bagi yang masih kebingungan sahaja:

defaults write com.apple.finder AppleShowAllFiles 0 && killall cfprefsd

Dan perintah untuk menyembunyikannya kembali agar terlihat rapih kembali adalah jadikan angaka 0 tersebut menjadi angka 1:

defaults write com.apple.finder AppleShowAllFiles 1 && killall cfprefsd

Begitulah akhirnya naluri sebagai preman terminal tak akan pernah hilang, mesthi bagaimana kalau sudah jadi preman ya kelakuannya sama saja nantinya ketika dibutuhkan.

Atas