Pendar Cahaya Langit

 

Pendar Cahaya Langit

 

Cahaya, bersinar dan berpendar. Satu asal muasal cahaya akan berpendar dan berpencar jauh menelisik kegelapan. Dengan kebutaan dan keterbatasan hanya akan dikenali pendar cahaya tersebut. Seakan bahkan pendar tersebut sangat berbeda dengan sisi cahaya yang lainnya. Cahaya akan menerangi yang gelap, menyusuri kegelapan dan mengubahnya menjadi terang, kadang cahaya menuntun pada benda lain yang bisa bercahaya ketika terkena cahaya. Cahaya akan melawan setiap bentuk gelap, menyeruak dan menemukan apa yang ada dalam kegelapan tersebut untuk menuntun mata menemukannya.

Cahaya bergerak sangat cepat, namun terbatas kekuatan sumbernya untuk menentukan jangkauannya. Cahaya bisa berasal dari api, api semangat yang menggelora, panas dan melawan apapun. Bersedia membakar siapapun yang harus dibakar. Lagi-lagi kita berurusan dengan energi. Energi panas yang bisa berasal dari manapun. Energi panas yang bersumber pada cahaya ataupun energi panas yang mampu menciptakan cahaya. Selain intinya adalah panas. Panas membutuhkan sesuatu yang harus dibakar, memerlukan dan tergantung pada apa yang bisa dipegangnya untuk melancarkan panas.

Panas yang kemudian menjadi api dan bercahaya bisa berasal dari gesekan. Gesekan dalam arti materi maupun imateri. Panas akan menempel pada apa yang bisa merasakan dan mudah terbakar. Panas dalam hati manusia akan memancar menjadi emosi dan memakan energi dari kolaborasi alat-alat tubuh. Panas dari hati dan semangat emosi akan memancarkan cahaya juga, cahaya yang bisa dikenali dalam kemanusiaan.

Panas dalam hati manusia akan bisa bereaksi secara mikro maupun makro. Secara makro dia akan terhubung dengan cahaya langit. Gesekan dengan cahaya langit bisa membuat manusia cerdas, maupun manusia yang lupa dengan kemanusiaannya. Gesekan antar referensi dan literasi akan memunculkan beragam percik cahaya. Menimbulkan interaksi yang bisa positif dan negatif. Ada yang kemudian berperang, bahkan banyak yang kemudian mengimani cahaya tersebut sebagai sesuatu yang baru. Sesuatu yang baru karena berbentuk pintu untuk menuju ke cahaya dan pendar cahaya yang lainnya.

Atas