projek venus

 

projek venus

Dunia makin tua, makin penuh sesak, penuh dengan manusia, kepentingan dan ragam lainnya yang mengarah pada kesejahteraan. Ketika dahulu bisa dilakukan cukup dengan menyedot kemanusiaan sesama kemanusiaan, meski sampai sekarang pun masih seperti itu, baik dalamhal positif yang bernama kerjasama duduk sama rendah berdiri sama tinggi. Ketika semua yang serba postif mungkin tidak menghasilkan sesuatu yang lebih, maka terperaslah otak untuk mencari jalan lain. Saat hasil bumi dan cukup untuk menjajah dengan lokalitas yang tidak perlu luas masih cukup maka gerakan nasionalisme sudah cukup ampuh untuk menangkalnya. Namun ketika semuanya sudah menjadi 'stealth' atau siluman dengan warna yang bermacam-macam, maka makin sulitlah untuk membedakan, karena semuanya nampak sama, positif, menguntungkan dan demokratif.

Melalui pendidikan pun anak manusia di harap bisa belajar untuk menentukan jalan hidupnya sendiri, terlepas dari apa yang mampu dikuasainya namun aspek kuasa akan diri dan luar diri pun sudah seharusnya menjadi sebuah keniscayaan dalam pendidikan mendasar, bukan malah ditekankan untuk menghormati dan meyakini penguasa atau bendera sebagai kekuatan maha besar yang dapat mengatur dan menyelesaikan segala sesuatunya. Atau gerakan menabung dengan awalan yang murah, apakah dengan bisa menabung meski sedikit sudah menunjukkan betapa negeri ini sudah sejahtera karena para kere-kerepun bisa menabung, untung kalo masih bisa diambil tabungannya nanti, sudah tiap bulan kena administrasi bank, terkena pajak pertransaksi atau pajak bunga. Belum lagi makin kedata saja berapa jumlah kekayaan yang didapatkan dari hasil memeras keringat. Siapa yang diuntungkan dengan hal ini, tentunya bukan penabungnya wikiki... karena semuanya adalah usaha, bahkan salah seorang di negara lain saking mumetnya karena rumahnya mau disita, malah merusak rumahnya sendiri. Entah apa yang menjadi pikirannya yang jelas setiap apa yang dikerjakan nantinya rasanya rugi dan tidak ada kepuasan lagi. Mungkin saja karena memang ketidakpuasan juga diciptakan untuk menciptakan manusia-manusia handal dalam perspektif yang positif, namun jika kejadiannya sebaliknya bisa rugi semua nantinya.

Hingga akhirnya pun muncul kritik selalu akan dua aliran besar penentu dunia yaitu kapitalisme dan komunisme, dimana kapitalisme adalah eksploitasi antar manusia, sementara komunisme adalah sebaliknya (lmao), sebuah wahana baru yang keras dan cukup membingungkan pula meski maksudnya saya kira juga cukup positip sebagai penyegaran dan reflektif atas apa yang sudah ada, bukan perlawanan namun sebuah gerakan penyadaran saja kelihatannya. Dia adalah projek Venus, yang dikelola oleh Jacque Fresco.

Belum jelas kepentingan apa yang ada dibelakangnya yang jelas mereka mengatakan bahwa menolak komunisme dan kapitalisme, sebagaimana yang di visikannya dalam video ini. Bahwa baik dan buruk secara sosial juga tergantung konteks, hmm.. cukup oportunis juga orang ini. Namun bagaimanapun bisa untuk penyegaran dalam melihat sesuatu.

Atas