Memulai Live Streaming

 

Memulai Live Streaming

Pertimbangan untuk mulai melakukan Live Streaming

Live Streaming bagus dilakukan oleh lembaga-lembaga Non Profit, NGO, perusahaan bisnis dan brands, organisasi-organisasi think tank atau pencetus ide, pembuat event, pengembang teknologi ataupun oleh individu perseorangan. Live Streaming termasuk dalam sarana bermedia yang baru dan saat ini memiliki pemerhati yang cukup banyak seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Ada sekitar 500 situs di dunia yang menyediakan fasilitas live streaming dengan paket yang gratis hingga berbayar.

Live streaming dapat memberikan pengaruh yang positif untuk komunitas yang dibangun ketika bisa dilakukan dengan baik dan terintegrasi dengan website ataupun komunitas online sosial media. Jika ingin melakukan ya lakukan saja, tanpa harus banyak berpikir, meskipun ada beberapa pertimbangan yang cukup penting sebelum melakukan atau memasuki ranah media baru, live streaming.

Apakah sudah siap dan baik untuk membuat event live streaming?

Ada beberapa cara yang berbeda untuk menggunakan teknologi live streaming. Anda dapat melakukan live streaming langsung saat event sedang berjalan, ataukah menjadwalkan penayangan event dengan video event yang sudah direkam. Banyak petunjuk dan pendapat yang mengarahkan untuk menayangkan rekaman video event, pidato, ataupun konferensi sedikit demi sedikit.

Setelah mendapatkan perhatian dari komunitas ataupun para pemirsa yang menjadi dasar untuk melakukan penayangan event berikutnya. Setelah mereka siap (teorinya) maka anda dapat berpindah melakukan siaran langsung atau live streaming. Beberapa pendapat juga memberikan petunjuk untuk melakukan streaming dengan video-video terkenal yang memiliki hak cipta bebas atau creative common.

Apakah harus memiliki skill khusus atau orang yang ahli produksi video?

Jawabannya adalah sama sekali tidak perlu. Sebab dengan teknologi yang ada, barang-barang atau perkakas atau perangakt pembuat video yang dijual bebas serta sudah memiliki kualitas tinggi saat ini, dan live streaming memang sudah di desain agar dapat mudah dipergunakan. Seberapa sulit, indah ataupun ruwetnya video tergantung kemampuan anda dalam melakukan produksi.

Bahkan anda dapat dengan mudah untuk menghosting event dengan live streaming di blog, portal ataupun banyak editor HTML dengan pengaetahuan seadanya dan sedikit upaya.

Platform apa saja yang bisa digunakan untuk Live Streaming?

Banyak sekali penyedia jasa untuk melakukan live streaming, dari yang gratis hingga berbayar. Anda bisa memasang Wowza pada server anda sendiri atau menggunakan dua provider yang terkenal seperti Livestream.com dan Ustream.tv. Keduanya menyediakan jasa baik yang gratis maupun berbayar. Juga menyediakan fasilitas integrasi dengan perangkat mobile dan API ke sosial media. Pilih yang sekiranya anda sukai dengan selera anda, dan ada platform lain yang lebih enteng seperti twitcasting.tv misalnya.

Berapa bandwith yang diperlukan untuk Live Streaming?

Bandwith dan kecepatan internet di Indonesia memang masalah besar. Belum ada yang murah dan mencukupi untuk melakukan Live Streaming terkecuali dengan nasib dan takdir tertentu. Anda bisa melakukan tes bandwith dengan menggunakan speedtest.net untuk mendapatkan atau mengetahui sejauhmana kuualitas maksimal gambar yang akan dapat diunggah. Standar dari Ustream.tv biasanya meminta kecepatan diatas 600Kbpps untuk streaming dengan kamera dan perangkat komputer namun untuk koneksi dengan perangkat selular, lebih rendah karena kualitas gambar yang diunggah tidak harus sebagus kualitas DVCam.

Perangkat apa yang dapat digunakan untuk merekam?

Anda dapa menggunakan webcam, smartphone hingga tablet dan bisa dilengkapi dengan mikropon eksternal atau perangkat perekam suara mp3 untuk merekam wawancara atau webinar. Jika ingin membuat seperti film ketika melakukan live streaming untuk event yang lebih berharga seperti pentas musik, diskusi ataupun pidato maka lebih baik jika menggunakan kamera eksternal seperti DVcam dan akan lebih baik lagi jika dengan mikropon terpisah/eksternal, namun tergantung juga dengan bagaimana bagusnya kualitas kamera yang anda miliki.

Ustream dan Twitcasting memberikan kemudahan dengan aplikasi mobile di Android ataupun iPhone untuk melakukan live streaming dengan menggunakan gadget smartphone anda.

Berikut adalah beberapa opsi tambahan untuk melakukan live streaming, dari Majalah Streaming Media.

Atas