Update (tidak resmi) Android 4.0.4 untuk Galaxy Nexus

 

Update (tidak resmi) Android 4.0.4 untuk Galaxy Nexus

Seorang member Forum Android Central’s mendapatkan kabar untuk update Android 4.0.4 hari ini dan dia berhasil mendapatkan file ROM dan menguploadnya untuk semua orang agar bisa menggunakannya. Agar dapat mellakukan flashing update tersebut diperlukan aplikasi yang lengkap untuk mencadangkan ROM lama seperti biasanya, supaya ketika tidak suka dengan apdet terbaru Android tersebut perangkat bisa dikembalikan ke keadaan sebelumnya.. Sayangnya update ke Android 4.04 ini hanya untuk perangkat Verizon Galaxy Nexus, namun jika dilakukan pada GSM Nexus dan terjadi kekeliruan, resiko ditanggung sendiri.

Keperluan untuk update:

  1. Sebuah Verizon Galaxy Nexus untuk diupdate ke versi Android 4.0.4 (telah di coba pada GSM Nexus dan berjalan baik).
  2. . Harus sudah terinstall.
  3. Fastboot. ( | )
  4. Unlock bootloader perangkat.
  5. Download
  6. Download .

Langkah demi langkah:

  1. Copy paket OTA diatas dalam folder /sdcard pada Galaxy Nexus
  2. Letakkan file ClockworkMod dalam folder yang sama dengan fastboot di komputer dallam foldet SDK (dalam folder /tools atau /platform-tools). Ubah nama file menjadi cwm.img untuk mempermudah langkah selanjutnya.
  3. Reboot / hidupkan ulang perangkat Galaxy Nexus ke dalam mode bootloader (tekan volume-up dan volume-down, kemudian tekan tombol power).
  4. Hubungkan ponsel ke komputer, dan buka command prompt atau terminal. Arahkan ke folder dimana terletak fastboot dan file cwm.img berada.
  5. Di terminal atau command prompt, ketik: fastboot-windows.exe boot cwm.img (atau fastboot.exe saja)
  6. Jalankan ClockWorkMod recovery menu untuk melakukan flash file zip dari SD card, dan pilih file OTA zip yang sudah diunduh sebelumnya.
  7. Biarkan berproses.

Sekarang pastinya Android 4.0.4 berjalan di perangkat Verizon Galaxy Nexus anda. Sepertinya langkah-langkahnya banyak. Namum setelah sekali melakukannya dan memahami apa yang terjadi di proses booting di mode ClockworkMod recovery sebelum melakukan flash rom, adalah hal yang teraman.

Atas