cara mudah install ubuntu 10.04 lucid lynx | suryaden

cara mudah install ubuntu 10.04 lucid lynx

Setelah proses rebutan bandwith untuk mendownload Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx, burning CD, diekstrak dengan 7zip atau dengan UNetbootin agar menjadi bootable flashdisk atau LiveCD untuk menginstall Ubuntu 10.04 Lucid Lynx secara fresh install, ataupun bisa juga dengan update-manager -d melalui internet langsung tanpa harus mendownload file iso Ubuntu 10.04 dari Ubuntu lama ke Ubuntu yang baru, agar aplikasi yang sudah ada tidak hilang tapi pernah juga saya mencoba menjalankan update-manager -d dari terminal dengan diarahkan ke LiveCD hasilnya juga bisa digunakan. Paling enak mungkin dengan fresh install dimana semuanya bisa berjalan pada fitur-fitur terbaru, dan jika tidak mau boros bandwith untuk mendownload aplikasi yang lalu, masih bisa menggunakan aplikasi APTonCD untuk disimpan di cakram disk untuk kemudian bisa digunakan untuk menginstall aplikasi kesayangan.

Koneksi internet yang 'biangane' masih menjadi kendala disini, namun jika koneksi benar-benar tidak mendukung cara paling halal adalah dengan ke warnet terdekat atau mengkopi hasil download teman (lmao), namun untuk download sangat tidak butuh waktu lama karena banyaknya download mirror yang ada dan pilihlah yang versi alternate bisa di lihat di sini paling sejam sudah rampung untuk kemudian bisa dibakar di CD atau file iso image tersebut di mount dengan mantera terminal seperti ini, dimana "/path/to/ubuntu-10.04-alternate-i386.iso" adalah letak dimana file ubuntu-10.04-alternate-i386.iso berada:
sudo mount -o loop /path/to/ubuntu-10.04-alternate-i386.iso /media/cdrom0

Kemudian setelah CD Ubuntu 10.04 Lucid Lynx atau file image ISO tersebut berada pada tempatnya, maka secara otomatis akan muncul berita pop up pilihan untuk mengupgrade Ubnuntu menggunakan file tersebut, namun jika sial dan tidak ada menu pop up seperti itu maka harus menuliskan mantera lagi di terminal:

gksu "sh /cdrom/cdromupgrade"

Untuk kemudian mengikuti next-next-next forward-forward-forward... maju-maju-maju selanjutnya.

Karena Ubuntu 10.04 Lucid Lynx adalah LTS - Long Term Support alangkah indahnya memang jika diinstal secara fresh karena dukungan dan tidak usah ikut trend upgrade ketika ada distribusi baru dari ubuntu yang setahun dua kali tesebut. Nah jika melakukan fresh install dan kebetulan memang aplikasi lama dibuang saja dan ketika koneksi internet memang mengijinkan untuk hal tersebut maka bisa langsung ke Hal keren setelah install Ubuntu 9.10 Karmic Koala atau ke setelah install Ubuntu 10.04 Lucid Lynx. Terlalu banyak memang dan repot, namun memang harus dilakukan prosedur standarnya agar Ubuntu yang ada di mesin komputer tersebut bisa berjalan normal, sebab banyak yang tidak disertakan dalam distribusi karena aturan dalam lisensi. Dan hal awesome yang tidak banyak tersebut biasanya, yang selalu saja saya lakukan adalah:

  1. Pilih server tercepat
  2. Klik System >> Administration >> Software Sources, pada pilihan Download from, klik dan pilih other, maka Ubuntu akan mencari
    server yang paling cepat performannya, sesuai letak geografis dan kemungkinan lainnya.

  3. Menjalankan Update Manager
  4. Memang CD Ubuntu tersebut baru namun patch dan beberapa update yang penting biasanya juga menunggu. Untuk menjalankannya Klik System >> Administration >> Update Manager.

  5. Graphics Card
  6. Sangat penting untuk performans dan jika menggunakan Compiz, untuk mempercantik penampilan, pastikan bahwa semua hardware terdetek, khususnya graphics card-nya, jika memang belum maka harus diinstal secepatnya.

  7. Install Codecs Multimedia
  8. Sangat memalukan memang jika sebuah sistem operasi datang dengan masih harus menambahkan banyak hal, apalagi multimedia, namun karena memang proteksi dari hukum tentang ini maka Ubuntu memang tidak bisa berbuat apa-apa untuk menyertakan Ubuntu Restricted Extras agar file multimedia bisa dijalankan seluruhnya, namanya saja sudah restricted, jadi ya begitulah kebebasan yang tidak sepenuhnya bebas. untuk itu maka installasi codecs mau tidak mau harus dilakukan meski hanya dengan satu klik mudah.

    Klik untuk instal codecs multimedia, ubuntu restricted extras.

  9. Menambahkan Font
  10. Dengan tampilan yang masih kaku, ukuran dan style yang mungkin tidak diinginkan, disamping untuk menambah koleksi font, mau tidak mau ya tambah font dengan install, meski semua truetypes font bisa digunakan jika dipasang dalam folder font, cara ini juga tidak sulit.

    Klik untuk install DroidSans. dan

    Klik untuk menambahkan Microsoft Fonts.

  11. Setup Ubuntu One dan DropBox
  12. Untuk menyimpan data di cloud ada gratisan 2 GB dari Ubuntu, dan untuk memasangnya tinggal klik Applications > Internet > UbuntuOne, dan segera setup, Juga untuk hal penting lainnya bisa langsung install Dropbox.

  13. Install Ubuntu Tweak
  14. Awesome aplikasi yang sangat memudahkan di Ubuntu, langsung install Ubuntu Tweak 0.5.4 untuk Ubuntu 10.04 Lucid Lynx

  15. Install aplikasi dari Ubuntu Software Center
  16. Aplikasi ini ditemukan dalam dropdown menu aplikasi, tersedia banyak sekali aplikasi dan juga pilihan untuk meremove yang sudah ada, jadi gunakanlah dengan bijaksana, meski semua yang disitu bisa berjalan pada distribusi ini.

  17. Download Manual Ubuntu
  18. Adalah hal baik untuk membacanya, meski masih dalam bahasa Inggris, tidak ada salahnya untuk mendownload Manual Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx.

    Hanya itulah yang cara mudah sederhana dan ringkas install Linux Ubuntu 10.04 Lucid Lynx yang LTS, dan tentunya setiap orang memiliki kebutuhan dan pengalaman yang berbeda, boleh dong sharing.. (ninja)

Komentar

sip... komplitt

sip... komplitt polll!!!... itu di awal kok ada sevenzip dan unebootin, repot men? emang ada yang pakai? kalau sudah dibakar kan tinggal pakai, lagian kan sudah ada usb startup disk creator??? *bingung*

Sayangnya di 10.04 ini tidak

Sayangnya di 10.04 ini tidak menyediakan mode safe, seperti di 9.04, jadinya kalau monitornya tidak support muncul "Over Frequency" jadinya belum bisa install deh sampai sekarang.... Kalau di 9.04 waktu install bisa tekan F4 - mode safe, lalu setelah masuk ke menu install tekan Ctrl Alt - bersamaan (Control Alt Minus), di 10.04 cara ngatasinya bagaimana ya ?